Digital Learning: Solusi Pengembangan Skill yang Praktis untuk Para Karyawan

Digital Learning: Solusi Pengembangan Skill yang Praktis untuk Para Karyawan

Susan Ardjawi - 20 November 2023

Perkembangan teknologi dan internet memberikan ruang untuk inovasi pendidikan berupa digital learning.

Digital learning (pembelajaran digital) adalah sebuah konsep pembelajaran yang memanfaatkan media dan teknologi digital untuk menyampaikan materi secara kreatif, interaksi yang komunikatif, dan melakukan penilaian.

Sistem pembelajaran digital learning sendiri dapat dilakukan secara daring (online), luring (offline), atau kombinasi keduanya.

Digital learning menawarkan banyak kelebihan dibanding pembelajaran tradisional, seperti kemudahan akses, fleksibilitas waktu dan lokasi belajar, serta personalisasi kebutuhan belajar.

Konsep digital learning sendiri pertama kali dicetuskan pada tahun 1960 oleh Universitas Illinois. Mereka memperkenalkan sistem instruksi berbasis komputer di Urbana-Champaign dengan menggunakan komputer bernama PLATO.

Konsep ini jadi populer pada tahun 1990-an, yaitu masa di mana mulai banyak bermunculan berbagai macam media elektronik seperti web-based training dan e-learning management system.

4 Bentuk Digital Learning yang Umum Digunakan

Digital learning sering disinonimkan dengan blended learning atau e-learning.

Meski tak sepenuhnya salah, namun perlu diluruskan bahwa cakupan digital learning lebih luas dan dua metode tersebut adalah contoh bentuk dari digital learning.

Jadi, digital learning punya beberapa bentuk metode pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa bentuk umum pembelajaran digital yang banyak digunakan.

1. Blended learning

Metode pembelajaran ini menggabungkan kegiatan belajar-mengajar secara online dan offline, dimana mentor dan peserta berada di kelas atau ruang yang sama secara fisik sekaligus berinteraksi via media digital.

Penggabungan metode ini memungkinkan mentor dan peserta untuk saling berkolaborasi secara real-time maupun asinkron.  

2. Online learning atau e-learning

Beda dengan blended learning, metode pembelajaran ini dilakukan sepenuhnya secara online tanpa perlu adanya tatap muka fisik.

Kelebihan dari metode ini adalah baik mentor maupun peserta dapat mengakses materi dan sesi pembelajaran dengan mudah, dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, peserta juga mendapat kebebasan untuk mengatur sendiri waktu, kecepatan dan gaya belajar sesuai kebutuhan serta kenyamanan mereka.

3. Adaptive learning

Kelebihan utama dari metode pembelajaran ini adalah adanya pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk memprediksi dan menyesuaikan materi, durasi, kecepatan, serta tingkat kesulitan belajar peserta.

Artinya, pengalaman belajar masing-masing peserta akan berbeda karena telah dipersonalisasi sesuai kebutuhan dan kemampuan peserta.

4. Game-based learning

Metode pembelajaran yang satu ini memanfaatkan permainan digital sebagai media untuk menyampaikan materi, meningkatkan motivasi, dan melatih keterampilan peserta.

Dengan memanfaatkan permainan, pengalaman belajar yang dirasakan oleh peserta juga jadi lebih menyenangkan dan memunculkan banyak interaksi, baik antara mentor dengan peserta maupun antar peserta.

Contoh Platform Digital Learning

Berikut ini adalah beberapa contoh platform pendidikan yang telah menerapkan digital learning dalam pembelajarannya.

●     BAWANA, yaitu sebuah perusahan yang menyediakan high quality learning content dalam format yang bervariasi, modern, dan terkini. Anda atau organisasi Anda juga dapat melakukan kustomisasi daftar konten yang dibutuhkan untuk digital learning Anda. Cakupan materi pembelajaran atau konten yang tersedia meliputi kemampuan kepemimpinan, penjualan, bisnis, pemahaman keuangan, serta wawasan yang relevan dengan dunia kerja dan mendukung professional development bagi Anda maupun anggota organisasi Anda.

●     Coursera, yaitu sebuah platform yang menyediakan berbagai kursus online dari berbagai universitas dan lembaga pendidikan terkemuka di dunia. Baik paid maupun free course. Platform ini menyediakan sertifikasi akademik maupun profesi bagi peserta kursus atau penggunanya.

●     Duolingo, yaitu sebuah platform yang menyediakan berbagai pembelajaran bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pesertanya. Platform ini juga menyediakan sertifikasi bahasa yang sudah diakui dan banyak digunakan oleh lembaga, universitas, maupun perusahaan internasional.

Kahoot, yaitu sebuah platform yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai permainan edukatif yang mampu meningkatkan pemahaman dan retensi peserta dalam proses belajar.

Kualitas dan inovasi teknologi serta internet akan terus berkembang, begitu pula dengan inovasi-inovasi terkait digital learning.

Semoga dengan semakin populernya konsep ini, kegiatan pendidikan atau pelatihan profesional apapun menjadi semakin mudah untuk diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.***

Sumber:

  • https://www.ipag.edu/en/blog/definition-digital-learning
  • https://www.unesco.org/en/digital-education
  • https://www.coursera.org/articles/what-is-virtual-learning
  • https://lmshero.com/digital-learning/
  • https://www.unicef.org/media/103246/file/Effectiveness%20of%20digital%20learning%20solutions%20to%20improve%20educational%20outcomes%20-%20A%20review%20of%20the%20evidence.pdf
  • https://www.edapp.com/blog/what-is-digital-learning/

Jadwalkan SESI DEMO untuk
PENGALAMAN BELAJAR BARU
bagi Anda dan tim

Hubungi kami!

No telepon : +62 (21) 537 29 09

No HP : +62 812-9278-9875

E-mail : info@bawana.com

PT Meta BAWANA Indonesia

Ruko Golden Boulevard C31,
Bumi Serpong Damai
Tangerang 15321, Indonesia

Terms and Conditions Privacy Policy © BAWANA 2023
Chatbot