KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG WAJIB DIMILIKI DI DUNIA KERJA

KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG WAJIB DIMILIKI DI DUNIA KERJA

Susan Ardjawi - 29 Januari 2024

Apakah sepenting itu kemampuan komunikasi di dunia kerja?

Kemampuan komunikasi adalah keterampilan mendasar yang paling utama dan tidak dapat diabaikan dalam dunia kerja yang sudah sangat fast-paced seperti saat ini. Setiap karyawan harus mempunyai kemampuan komunikasi yang kuat untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan aktif berkontribusi di dalam tim dan perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, kemampuan komunikasi juga dapat mendukung karyawan untuk lebih mudah menghadapi tantangan karir di masa depan.

Dalam artikel ini, Bawana akan membahas bagaimana pentingnya kemampuan komunikasi dan cara penerapannya di dunia kerja:

Pahami Pentingnya Cara Berkomunikasi yang Efektif

Sebelum memasuki topik bagaimana cara meningkatkan kemampuan komunikasi, sebagai karyawan Anda perlu tahu terlebih dahulu seberapa pentingnya cara berkomunikasi yang efektif. Contohnya, saat Anda sedang mendengarkan penyampaian yang tidak jelas dan berbelit-belit, Anda pasti akan merasa kesulitan untuk memahami maksud dari topik yang sedang dibicarakan.

Dengan memahami cara berkomunikasi yang efektif, Anda akan terbantu dalam menyampaikan maksud dan tujuan secara jelas. Selain itu, Anda juga dapat membangun hubungan yang sehat, menghindari kesalahpahaman, dan meningkatkan kerjasama antar sesama rekan kerja dan individu lainnya.

Kuasai Cara Berkomunikasi Verbal dan Non-verbal

Dalam dunia kerja, komunikasi adalah kunci dari keberhasilan seorang karyawan. Komunikasi verbal dan non-verbal adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam berkomunikasi. Komunikasi verbal adalah cara berkomunikasi yang melibatkan penggunaan kata yang jelas dan tepat. Sementara, komunikasi non-verbal adalah cara berkomunikasi yang menggunakan bahasa tubuh, penampilan, ekspresi wajah, dan kontak mata. 

Penyampaian pesan yang dilakukan secara verbal dan non-verbal memiliki dampak yang besar terhadap pesan yang akan diterima oleh lawan bicara. Maka dari itu, agar kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal semakin meningkat, Anda dapat mempelajari tentang Emotional Quotient Intelligence (EQ). EQ adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan bersosialisasi, seperti hubungan antar individu, kepemimpinan, dan komunikasi. Sehingga, dengan mempelajari EQ, Anda akan lebih mudah menyampaikan komunikasi verbal dan non-verbal secara bersamaan kepada lawan bicara dengan mudah.

Aktif Mendengarkan Saat Ada yang Sedang Berbicara

Salah satu faktor utama dari adanya komunikasi yang efektif adalah kemampuan untuk mendengarkan lawan bicara secara aktif. Mendengarkan akan membantu Anda lebih memahami maksud dan tujuan dari sebuah pembicaraan. Anda harus memberikan perhatian yang penuh saat sedang berinteraksi dengan rekan kerja, menunjukan pemahaman terhadap topik yang sedang dibahas, dan menanggapi topik dengan cermat. Aktif mendengarkan dengan baik akan membangun rasa saling memahami dan menghindari kesalahpahaman yang mungkin bisa terjadi.

Untuk melatih kemampuan mendengarkan, Anda dapat melakukan pembelajaran Digital Learning yang telah disediakan oleh perusahaan untuk para karyawan. Dengan membiasakan diri untuk aktif belajar dan mendengarkan, secara tidak langsung Anda juga telah terlatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik.

Menggunakan Teknologi Sesuai Fungsinya

Di era digital saat ini, karyawan sering melakukan komunikasi melalui email, pesan, dan wadah kolaborasi daring yang telah disediakan. Maka dari itu, menggunakan teknologi dengan bijak menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas dan sesuai dengan topik yang sedang ingin dibahas. Selain itu, karyawan harus dapat memahami kapan waktu yang tepat untuk menggunakan komunikasi secara tertulis dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi secara langsung.

Untuk melatih kemampuan komunikasi melalui wadah kolaborasi daring, Anda dapat mempelajari Strategi Pembelajaran Microlearning. Strategi pembelajaran ini dapat membantu Anda untuk mempelajari kosa kata dan tata bahasa dalam mengirimkan pesan melalui pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sesuai dengan keinginan Anda. 

Berlatih Untuk Memiliki Rasa Empati

Kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan yang sedang dialami oleh rekan kerja adalah kunci dari komunikasi yang berempati. Memiliki rasa empati adalah bukti dari adanya hubungan yang kuat antara Anda dan rekan kerja Anda. Dengan meningkatkan rasa empati, Anda dan rekan kerja akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan serta menanggapi maksud dan makna pesan yang disampaikan rekan kerjanya.

Perasaan empati dapat dilatih dengan cara mempelajari tentang kecerdasan emosional (EQ). Mempelajari tentang kecerdasan emosional akan membantu Anda dalam meningkatkan kualitas hubungan sosial dengan rekan kerja Anda.

Berikan dan Terima Umpan Balik

Untuk mengembangkan kemampuan yang berkelanjutan, karyawan perlu terbuka terhadap umpan balik dari hasil pembelajaran dan pelatihan yang telah dilaksanakan. Dengan menerima dan memberikan umpan balik kepada perusahaan, karyawan telah membantu perusahaan dalam mengidentifikasi perbaikan pembelajaran dan memperkuat keterampilan yang sudah dimiliki.

Dengan memahami pentingnya memiliki kemampuan komunikasi dan menerapkannya dengan melakukan implementasi yang efektif, karyawan dapat berperan lebih produktif dan memberikan dampak yang baik terhadap tim dan perusahaan. Kemampuan komunikasi yang efektif adalah kunci kesuksesan untuk membangun hubungan yang baik, menghindari konflik, pemecahan masalah, serta cara untuk mencapai tujuan bersama.

Jadwalkan SESI DEMO untuk
PENGALAMAN BELAJAR BARU
bagi Anda dan tim

Hubungi kami!

No telepon : +62 (21) 537 29 09

No HP : +62 812-9278-9875

E-mail : info@bawana.com

PT Meta BAWANA Indonesia

Ruko Golden Boulevard C31,
Bumi Serpong Damai
Tangerang 15321, Indonesia

Terms and Conditions Privacy Policy © BAWANA 2023
Chatbot